© COOL INSIDE - MEDIA INFORMATION ONLINE - MENYAJIKAN BERITA DAN INFORMASI YANG LAYAK ANDA BACA

TI WARNET – TIPS UNTUK WARUNG INTERNET

warnet Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka peluang bagi  para pengusaha WarNet untuk terus berkembang. Dan sebuah WarNet dengan semua fasilitasnya yang lengkap, tidak menjamin menjadi salah satu upaya mendapatkan banyak pelanggan setia. Ada beberapa upaya lain yang perlu diperhatikan demi kelancaran usaha seperti ini.

Berikut sedikit tips bagi yang ingin membuka usaha WarNet ataupun untuk WarNet yang sudah berjalan selama ini :

  1. Tempat, merupakan faktor penting dalam membuka usaha warnet. Ada benarnya seperti yang dikatakan banyak orang usaha : posisi menentukan prestasi. Walaupun tidak menjamin sepenuhnya, namun umumnya setiap sebuah usaha (dagang) berdiri, maka biasanya hal inilah yang menjadi pertimbangan awal.
  2. Kenyamanan, terutama AC; fasilitas yang satu ini sangat penting sekali agar pengguna WarNet betah berlama-lama di ruangan WarNet.
  3. Harga yang relatif bersaing dengan yang lain.
  4. Game Centre. Meskipun sebuah WarNet umumnya digunakan pengguna sebagai sarana browsing atau chatting, namun memungkinkan pula di install software-software game, baik yang berjenis stand alone ataupun OnLine sebagai alternatif bagi pengguna dan tentu saja tambahan input bagi WarNet itu sendiri.
  5. Printer, scanner, bluetooth, card reader dan kabel data. Tak diragukan lagi bagaimana pentingnya beberapa device ini.
  6. Operator dengan cara pelayanan yang ramah. Ini juga penting mengingat kesinambungan sebuah usaha harus memberikan kesan yang baik bagi para pengguna dan juga cara ampuh menjaring pelanggan. Operator juga harus memahami program billing yang digunakan serta memahami setidaknya beberapa kasus dalam kegiatan ber-internet , penggunaan software dan system operasi. Bila perlu seorang operator juga dapat mengatur manajemen data untuk keperluan sharing data antar client  ke client dan server. Menguasai beberapa program monitoring jaringan, sistem keamanan sampai penaggulangan pertama pada serangan virus.
  7. Komputer dengan spesifikasi yang prima dan selalu dalam pemeliharaan (maintenance). Komputer yang lambat dan sering terjadi ‘error’ seringkali membuat user menjadi kesal dan kecewa bahkan tidak lagi datang kembali.
  8. Pengadaan minuman ringan dan snack akan sangat membantu menambah income/pendapatan WarNet disamping menambah kenyamanan pelanggan.
  9. Penyedia koneksi internet. Koneksi internet yang cepat dan mempunyai kehandalan yang tinggi. Cari ISP yang sudah cukup tangguh dan berpengalaman dalam bidangnya. Jika jaringan sering terganggu akan mempengaruhi citra WarNet.
  10. Program Billing untuk mempermudah user dalam menggunakan komputer dan mempermudah perincian laporan keuangan WarNet. Sebagaimana telah diulas diatas, pergunakan juga program-program dukungan seperti monitoring ip, jaringan, bandwidth cotroller dan keamanan sistem.
  11. Jika memungkinkan, upgrade komputer sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan aplikasi.

Demikian beberapa tips dalam persiapan membuat WarNet maupun untuk WarNet yang sedang berjalan dalam usahanya.

Silahkan Berbagi Artikel ini ke : Facebook Twitter Google+

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

INFORMASI LAINNYA:



 

Copyright 2015 | COOL INSIDE - Media Informasi Online | Designed by coolinside | Dofollow

© COOL INSIDE - Best View on Google Chrome

Back To Top