© COOL INSIDE - MEDIA INFORMATION ONLINE - MENYAJIKAN BERITA DAN INFORMASI YANG LAYAK ANDA BACA

RESENSI FILM - LAWRENCE OF ARABIA

Dari Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. 





Lawrence of Arabia adalah film Inggris 1962 didasarkan pada kehidupan TE Lawrence, tentara Inggris yang mahir berbahasa Arab dan mempunyai banyak kawan orang Arab. Film ini disutradarai oleh David Lean dan diproduksi oleh Sam Spiegel melalui perusahaan Inggris-nya, Foto Horizon , dengan skenario oleh Robert Bolt dan Michael Wilson. Film ini dibintangi Peter O'Toole sebagai pemeran utama. Lawrence of Arabia merupakan salah satu film terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah sinema. Meskipun sebagian masyarakat arab ada yang mengkritisi film ini karena dianggap jauh dari fakta sejarah. Namun sutradara dan para pelaku sineas menampik tuduhan tersebut. Lawrence of Arabia memenangkan 7 Academy Award, salah satunya untuk Gambar Terbaik.

Film ini menggambarkan pengalaman Lawrence di jazirah Arab selama Perang Dunia I , dalam serangan khususnya pada Aqaba dan Damaskus dan keterlibatannya dalam Dewan Nasional Arab. Tema meliputi perjuangan emosional Lawrence dengan kekerasan pribadi yang melekat dalam perang, identitas pribadi, dan kesetiaannya terbagi antara tentara Inggris dan dan kawan-kawan barunya dalam suku-suku padang pasir Arab.


Plot

Film ini disajikan dalam dua babak, dipisahkan oleh sebuah jeda.

Babak I

Selama Perang Dunia Pertama , TE Lawrence ( Peter O'Toole ) adalah seorang Letnan Angkatan Darat Inggris yang ditempatkan di Kairo. Meskipun Jendral Murray ( Donald Wolfit ) berkeberatan, dia tetap dikirim oleh Mr Dryden ( Claude Rains ) dari Biro Arab untuk mengamatii prospek Pangeran Faisal ibnu Turki al-Saud ( Alec Guinness ) dalam pemberontakan melawan Kerajaan Turki Usmani. Di perjalanan, pemandu Badui nya dibunuh oleh Sheriff Ali ( Omar Sharif ) –sherif atau sharif adalah gelar bangsawan untuk para keturunan Nabi Muhammad saw- karena minum dari sumur tanpa izin. Lawrence kemudian bertemu Kolonel Brighton ( Anthony Quayle ), yang memerintahkan dia untuk tetap tenang, membuat penilaian tentang kamp Pangeran Faisal, dan pergi. Lawrence segera mengabaikan perintah Brighton ketika ia bertemu Pangeran Faisal. Pengetahuan dan keterbukaannya menarik minat sang pangeran.

Brighton menyarankan Pangeran Faisal untuk mundur setelah kekalahan telaknya, tapi Lawrence justru mengusulkan serangan mendadak yang berani di Pangkalan Angkatan Laut Turki di Aqaba yang, jika berhasil, akan memberikan jalan bagi Inggris untuk memasok kebutuhan bagi pasukan Arab. Sementara dibentengi kuat melawan serangan angkatan laut, kota ini lemah di sisi darat.

Dia meyakinkan Pangeran Faisal untuk mengirimkan pasukan lima puluh orang, dipimpin oleh Ali Sheriff yang skeptis. Dua anak yatim remaja, Daud (Yohanes Dimech) dan Farraj (Michel Ray), menyediakan dirinya ke Lawrence sebagai pembantunya.

Pasukan itu menyeberangi Gurun Nefud, yang dianggap tak dapat dilalui bahkan oleh suku Badui, perjalanan siang dan malam pada berakhir di sumber air (oasis). Gasim ( I.S Johar ) hampir meninggal dunia akibat kelelahan dan jatuh dari unta tanpa diketahui pada malam hari. Sisanya sampai ke oasis, tapi Lawrence ternyata kembali sendirian untuk mencari orang yang hilang, dengan mempertaruhkan nyawanya dan mengungguli Sheriff Ali dalam menyelamatkan Gasim.

Lawrence membujuk Abu Auda Tayi ( Anthony Quinn ), pemimpin dari suku lokal Howeitat yang kuat, untuk berbalik melawan Turki. Rencana Lawrence hampir gagal ketika salah satu anak buah Sherif Ali membunuh seorang anak buah Auda karena hutang darah. Karena pembalasan suku Howeitat akan menghancurkan aliansi yang rapuh, Lawrence menyatakan bahwa ia akan mengeksekusi si pembunuh sendiri. Tertegun untuk menemukan bahwa pelakunya adalah Gasim, dia menembaknya pula. Keesokan paginya, aliansi yang utuh itu mengalahkan garnisun Turki di Pangkalan Angkatan Laut Aqaba .

Lawrence pergi ke Kairo untuk menginformasikan Dryden dan komandan baru, Jenderal Allenby ( Jack Hawkins ), tentang kemenangannya. Sewaktu menyeberangi Gurun Sinai , Daud (bocah pembantu Lawrence) meninggal ketika ia tersandung ke pasir hisap . Lawrence dipromosikan menjadi mayor dan diberi senjata dan uang untuk mendukung orang-orang Arab yang dipimpin Pangeran Faisal ibnu Turki al-Saud. Dia sangat terganggu, mengingat bahwa ia telah mengeksekusi Gasim, tapi Allenby menepis keraguan itu. Dia bertanya Allenby apakah ada dasar kecurigaan Arab bahwa Inggris memiliki desain di Arabia . Jendral itu menyatakan bahwa mereka tidak memiliki desain seperti itu.


Cuplikan Film : Lawrence of Arabia

Babak II

Lawrence melancarkan perang gerilya, meledakkan kereta api dan mengecoh orang-orang Turki di setiap kelokan. Koresponden perang Amerika Jackson Bentley ( Arthur Kennedy ) mempublikasikan liputannya, membuat Lawrence terkenal di dunia. Di satu serangan, Farraj (bocah pembantu Lawrence yang masih hidup) terluka parah. Tidak mau meninggalkannya untuk disiksa, Lawrence terpaksa menembaknya sebelum melarikan diri.

Ketika Lawrence mengintai kota Daraa yang dikuasai musuh dengan Ali Sherif, ia bersama dengan warga Arab pergi ke seorang Bey Turki ( José Ferrer ). Lawrence dilucuti, dipelototi, dan ditusuk, dicambuki, dilecehkan secara seksual dan kemudian dilempar keluar ke jalan.

Di Yerusalem , Jenderal Allenby mendesak dia untuk mendukung "serangan besar" ke Damaskus , tapi Lawrence menolak keras. Namun akhirnya, ia menerima.

Dia merekrut pasukan Arab, terutama para pembunuh dan pemotong leher yang termotivasi oleh uang, bukan dorongan Nasionalisme Arab. Mereka melihat rombongan tentara Turki yang mundur yang baru saja membantai orang-orang Tafas. Salah satu pasukan Lawrence dari desa menuntut, "Tidak ada tahanan (bunuh semua)!" Ketika Lawrence ragu-ragu, pria itu menyerang orang Turki sendirian dan terbunuh. Lawrence mengambil mayatnya sambil menangis, menjadikan pembantaian di mana Lawrence sendiri berpartisipasi berjalan dengan mulus.

Anak buah Lawrence kemudian menguasai Damaskus sebelum pasukan Jenderal Allenby itu. Orang-orang Arab mendirikan sebuah dewan untuk mengelola kota, tetapi mereka adalah suku padang pasir yang tidak cocok untuk tugas seperti itu.Tidak dapat mempertahankan utilitas dan pertengkaran terus-menerus satu sama lain, mereka segera meninggalkan sebagian besar kota ke pasukan Inggris. Dipromosikan menjadi kolonel dan segera diperintahkan pulang, jasanya berakhir baik bagi Pangeran Faisal ibnu Turki al-Saud dan diplomat Inggris, seorang Lawrence yang sedih terusir dalam sebuah mobil staf.


Silahkan Berbagi Artikel ini ke : Facebook Twitter Google+

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

INFORMASI LAINNYA:



 

Copyright 2015 | COOL INSIDE - Media Informasi Online | Designed by coolinside | Dofollow

© COOL INSIDE - Best View on Google Chrome

Back To Top