© COOL INSIDE - MEDIA INFORMATION ONLINE - MENYAJIKAN BERITA DAN INFORMASI YANG LAYAK ANDA BACA

HARD DISK (DRIVE) CEPAT , CEPAT PANAS !

Kebutuhan sistem untuk kecepatan komputer di jaman ini memang sangat diperlukan. Terutama bagi sobat-sobat yang gemar sekali menghabiskan waktunya didepan komputer untuk bermain game favourite. Memang terasa begitu nikmat jika main game yang berjalan cepat dan mulus pada sistem. Kecepatan gerak dan keindahan grafisnya begitu memukau.

Namun dibalik kenikmatan tadi, ternyata ada konsekwensi yang harus sobat tebus. Bukan saja sobat harus memperhatikan kinerja sistem, tapi juga hardware yang sobat gunakan sepertinya perlu di upgrade untuk memenuhi kebutuhan itu. Dan sehubungan dengan kebutuhan masalah kecepatan sistem diatas, salah satu device yang sangat perlu sobat perhatikan adalah Hard Disk Drive (HDD) dengan kapasitas dan kecepatannya.



HARDDISK

Sekarang ini Hard Disk Drive muncul bukan saja dengan kapasitasnya yang besar, tapi juga memiliki kecepatan membaca data yang lebih cepat. Tingkat kecepatan itu diukur dari putaran piringan HDD dalam satuan RPM (revolutions/rotation per minute). Semakin cepat putaran HDD, jumlah data yang dapat dibaca tentu semakin banyak. Umumnya, kecepatan HDD saat ini 5.400 RPM dan 7.200 RPM. Tapi, kini beberapa produsen HDD sudah mulai merambah kecepatan 10.000 RPM, bahkan 15.000 RPM.

Misalnya WD VelociRaptor 450 gigabyte (GB) dan 600 GB dengan kecepatan 10.000 RPM yang ditunjang dengan interface SATA 6 Gbps dengan kemampuan 32 GB buffer memory. Hard Disk Drive dengan RPM tinggi ini membuat pergantian gambar bergerak pada game, multimedia, atau film terlihat halus, tidak patah. Menurut informasi pembuatnya, WD VelociRaptor bisa beroperasi 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu, alias tanpa henti dan memiliki masa aktif hingga 1,4 juta jam. HDD berbasis SATA ini khusus didesain untuk personal computer (PC) berkinerja tinggi, komputer Mac, workstation professional, dan rack server.

Giliran Hitachi mulai melakukan penjualan harddisk dengan kapasitas 2 TB setelah beberapa waktu lalu Western Digital mengumumkan penjualan harddisk 2 TBnya. Hitachi Deskstar 7K2000 adalah sebuah hardisk 3,5 inch SATA dengan kapasitas 2 TB yang cukup menjanjikan karena untuk kecepatannya, hardidsk ini berjalan di 7200 rpm. Dengan kecepatan putar sampai 7200 rpm menjadikan Hitachi Deskstar 7K2000 sebagai harddisk terbesar dan tercepat saat ini. Selain kapasitas dan kecepatan, harddisk ini juga menjanjikan tingkat kebisingan yang rendah dan juga hemat listrik.



Hard Disc Drive merupakan piranti penyimpanan sekunder di mana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segmen atau sector. Sebagai media penyimpanan data dalam kapasitas besar, penemuan Hard Disc Drive dilatarbelakangi adanya program aplikasi yang tidak mungkin berada dalam satu disket. Selain kapasitas penyimpanan, kemampuan Hard Disc Drive juga diimbangi oleh kecepatan aksesnya.

Namun perlu diperhatian juga, Hard Disc Drive berkecepatan tinggi ini juga tak kebal masalah. Pertama, jika timbul masalah pada motor spindle, kerusakan cepat merembet ke bagian lain. Kedua, revolusi peningkatan kecepatan pada Hard Disc Drive sering menimbulkan getaran dan suara bising. Ketiga, temperatur panas yang ditimbulkan pada Hard Disc Drive berkecapatan tinggi cepat meningkat. Belum lagi ‘ulah’ pemadaman lampu secara mendadak yang sering terjadi dan sering mengakibatkan kerusakan phisik pada board dan plat Hard Disc Drive sobat. Antisipasinya, pasang kipas pendingin khusus untuk Hard Disc Drive dan gunakan UPS.

Silahkan Berbagi Artikel ini ke : Facebook Twitter Google+

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

INFORMASI LAINNYA:



 

Copyright 2015 | COOL INSIDE - Media Informasi Online | Designed by coolinside | Dofollow

© COOL INSIDE - Best View on Google Chrome

Back To Top