© COOL INSIDE - MEDIA INFORMATION ONLINE - MENYAJIKAN BERITA DAN INFORMASI YANG LAYAK ANDA BACA

MEMASUKKAN SUBTITLE PADA FILE VIDEO (FILM)

Screenshot Bagi sobat yang sudah menguasai macam-macam bahasa, tentunya tidak akan kesulitan memahami alur cerita dan dialog pada sebuah film. Namun kebanyakan bagi kita, menonton sebuah film, haruslah disertai penerjemahannya untuk memahami bahkan hanyut dalam alur cerita film tersebut. Itulah sebagian manfaat adanya subtitle pada sebuah film selain manfaat yang lain seperti berlatih menterjemahkan bahasa, cara pengucapan, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara untuk menggabungkan sebuah subtitle kedalam sebuah file video, sepertinya banyak yang mengalami kesulitan, mungkin terlalu banyak langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengerjaannya sehingga membingungkan penggunanya. Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menggabungkan subtitle dengan videonya menggunakan cara yg lebih mudah dan sederhana dengan menggunakan aplikasi AVI ReComp. Dengan cara ini, codec file video akan tetap sama dengan aslinya; misalnya XVID, maka outputnya pun akan tetap XVID.

Kita langsung saja pada cara penggunaannya. Namun sebelumnya sobat sudah mempersiapkan aplikasi AVI ReComp dan file video serta subtitle-nya. Bagi sobat yang belum memiliki aplikasinya, sobat dapat mengunduhnya disini, AVI ReComp dengan versi terbaru, gratis !

1. Install AVI ReComp yang sudah sobat download.

2. Buka aplikasi AVI ReComp.

clip_image001

3. Tekan tombol ‘Open AVI’ ( jika sobat memberi centang pada checkbox Auto-set output patch, maka akan langsung terbentuk nama Output File-nya). Pada bagian New AVI Size jika sobat tidak menginginkan perubahan dari size atau ukuran file videonya, biarkan saja dengan default value yang ada. Namun jika ingin di rubah maka silahkan tentukan besar kecilnya per-MB sebagaimana yang disediakan dalam menu dropdown-nya. Sebagai catatan, jika sobat merubah ukuran videonya, biasanya berpengaruh pada kualitas gambar yang berbeda dari aslinya.
4. Lanjut ke TAB selanjutnya. Pada Tab Additions di sinilah letak di mana sobat harus meletakan subtitle-nya. Pada bagian ‘Subtitles’ jika sobat ingin langsung memilih secara manual di mana letak subtitle-nya, maka langsung saja beri centang ‘enable’ lalu tekan tombol ‘load subtitle’nya. Jika sobat ingin menggunakan AUTO-LOAD ( tanda harus memilih di mana letaknya ) maka yang perlu di perhatikan adalah nama file video dengan nama file subtitle-nya harus sama.

clip_image002

5. Tahap selanjut nya adalah tab Setting. Pada tab ini silahkan disesuaikan dengan kebutuhan sobat.

6. Ini adalah tahap yang terakhir. Jika file video sudah siap maka tekan tombol ‘Add to queue’. Dan setelah semua file siap untuk di konversi maka terakhir klik tombol ‘Start ‘. Sobat tinggal menunggu proses konversinya sambil bobo atau minum kopi, sebab prosesnya membutuhkan waktu yang lumayan hingga beberapa menit tergantung besarnya file video serta performa komputer.

clip_image003

Selamat mencoba dan semoga bermanfa’at buat sobat !

Catatan :

Aplikasi AVI ReComp ini bertujuan untuk menggabungkan subtitle (file dengan ektensi ‘srt’) dan video (dengan ekstensi ‘avi’) agar bisa diputar di DVD Player yang saat ini support DIVX / XVID. Oleh karena itu jika sobat memiliki file video dengan ekstensi ‘mkv’, maka sobat harus mengkonversinya terlebih dahulu menggunakan aplikasi video converter.

Screenshot 3

Silahkan Berbagi Artikel ini ke : Facebook Twitter Google+

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

INFORMASI LAINNYA:



 

Copyright 2015 | COOL INSIDE - Media Informasi Online | Designed by coolinside | Dofollow

© COOL INSIDE - Best View on Google Chrome

Back To Top